Selasa, Desember 10

Astronom Temukan Planet Baru yang Tidak Mengorbit Bintang

Bagikan
Sumatra Pos/Foto:NASA
Sumatra Pos/Foto:NASA
SUMATRAPOS.COM – Astronom menemukan satu planet di luar tata surya kita yang berukuran 12 kali lebih besar dari Jupiter. Bukan ukurannya saja yang membuat astronom terpana, tetapi juga karena planet itu tidak mengorbit bintang apa pun.
Disebut planet ‘nakal’, planet baru itu tidak mengelilingi bintang, melainkan berputar di sekitar pusat galaksi di ruang antar-bintang.
Menurut astronom, hanya ada beberapa planet ‘nakal’ ditemukan hingga saat ini. Mereka mengatakan, meskipun benda-benda langit seperti itu langka, mungkin ada banyak planet semacam itu di alam semesta yang belum ditemukan.
Massa planet yang baru ditemukan itu sebenarnya diketahui pada 2016, tetapi keliru diidentifikasi sebagai planet katai coklat. Menurut penelitian baru yang terbit dalam Astrophysical Journal, objek itu kini dianggap sebagai planet yang berdiri sendiri, dengan medan magnet yang sangat kuat.
Astronom mengatakan medan magnet planet baru itu, disebut SIMP J01365663 + 0933473, lebih dari 200 kali lebih kuat dari medan magnet Jupiter. Mereka mengatakan, medan magnetnya yang kuat kemungkinan menyebabkan planet itu terdeteksi oleh teleskop radio besar di New Mexico yang dikenal sebagai Karl G. Jansky Very Large Array (VLA), National Science Foundation.
Planet itu diperkirakan berumur 200 juta tahun dan berjarak 20 tahun cahaya dari Bumi.
Sumber: https://www.voaindonesia.com/a/astronom-temukan-planet-baru-yang-tidak-mengorbit-bintang/4516782.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: