Bak Sampah Rp 9 Miliar Asal Jerman Dipertanyakan

Bak Sampah Rp 9 Miliar Asal Jerman. (foto: merdeka.com)

 

SUMATRAPOS–Penggunaan anggaran pemerintahan Anies Baswedan-Sandiaga Uno kembali disorot publik. Kali ini terkait pembelian tempat sampah.

Di tubuh tempat sampah yang dilengkapi roda sehingga mudah dipindahkan tersebut, tertera tulisan Made in Germany, yang artinya tempat sampah tersebut dibuat di Jerman.

Ketika diperiksa dalam laman e-katalog lembaga kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah (LKPP), tertera bahwa DKI Jakarta telah melakukan pemesanan pada 25 Mei 2018.

Pemprov DKI Jakarta memesan sebanyak 2.640 tempat sampah buatan Jerman tersebut, dengan harga satuan Rp 3,599 juta.

Setelah ditotal berikut dengan ongkos kirim, pembelian tempat sampah tersebut mengeluarkan biaya lebih dari Rp 9 milliar.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji membenarkan pembelian tempat sampah tersebut.

Isnawa mengatakan bahwa alasan pembelian tempat sampah buatan Jerman adalah karena tidak ada produk lokal yang memenuhi kriteria.

“Kami tidak mendapati produk lokal di katalog dan di pasaran untuk produk jenis ini, hanya ada produk Cina dan Jerman. Setelah melakukan pertimbangan secara teknis, kami pilih produk Jerman dengan pertimbangan kualitas,” kata Isnawa, Senin (4/6).

Isnawa menambahkan, penyedianya pun importir, yakni PT Groen Indonesia, yang memiliki spesialisasi di bidang Waste Management dan perangkat pendukungnya.

“Ini demi meyakinkan kami, bahwa penyedianya pun bukan perusahaan abal-abal, sehingga after sales service-nya dapat terjamin,” tutur Isnawa.

“Mekanisme e-purchasing memberikan keleluasaan bagi pemerintah untuk memilih produk yang benar-benar sesuai kebutuhan dengan harga terbaik. Silakan dibandingkan, ternyata memang harga produk sejenis di toko-toko online, rata-rata lebih mahal dari harga kami beli melalui e-kalalog LKPP,” pungkas Isnawa.

 

SUMATRAPOS/B ARTO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: