Cabup JTP Diduga Melanggar Aturan Dana Kampanye  

Ilustrasi

SUMATRAPOS.COM – Ketua Gerakan Tapanuli Bersatu (GTB), Budianto  Marbun, menduga Calon Bupati  Tapanuli Utara  Jonius Taripar Parsaoran Hutabarat (JTP)  melakukan pelanggaran dana kampanye pemilihan kepala daerah. Pasalnya, JTP hanya  melaporkan dana kampanye sebesar Rp 200 juta kepada KPUD sedangkan fakta dilapangan kampanye yang dibuat JTP mengajak ribuan massa dan mengundang penyanyi nasional seperti Maria Idol dan Joy Tobing.

“Kami menduga ada pelanggaran dana kampanye yang dilakukan JTP, kenapa hanya Rp 200 juta yang dilaporkan ke KPUD, sedangkan fakta dilapangan kegiatan kampanyenya begitu besar. Ada kebohongan publik disini,” ungkap Budianto Marbun,  Sabtu (3/6).

Budi menjelaskan,  dengan dana kampanye hanya Rp 200 juta mana mungkin seorang Cabup bisa mengundang penyanyi profesional dan menyediakan konsumsi ribuan orang.  Karena itu GTB meminta   KPUD dan Panwaslu Taput untuk turun tangan dan menyelidiki  dari mana asal sumber dana kampanye JTP.

“KPUD dan Bawaslu Taput jangan hanya diam, kami minta dana kampanye ini diselidiki,  apakah dana itu berasal dari perusahaan atau perorangan, sebab  dana kampanye harus bisa dipertanggungjawabkan secara transparan kepada publik,” tegas Budi.

Ketika ditanyakan tentang dana kampanye bisa berasal dari simpatisan dan relawan, Budi menuturkan dana kampanye bisa berasal dari siapa saja namun harus bisa dipertanggungjawabkan kepada publik atau dilaporkan ke KPUD. Jika dana kampanye tidak transpran maka dikhawatirkan ketika Cabup tersebut menjabat maka terjadi jual beli jabatan atau bermain proyek untuk mengembalikan dana kampanye.

“Seperti yang sudah-sudah, banyak Bupati yang pesakitan jadi tahanan KPK karena bermain anggaran negara  demi mengembalikan modal dana kampanye. Kita ingin Taput dipimpin oleh orang bersih dan amanah,” tuturnya.

Terakhir, GTB mengancam akan melaporkan pelanggaran dana kampanye ini ke KPUD dan Panwaslu Provinisi jika dibiarkan saja oleh KPUD Taput.  (HK).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: