Kamis, Februari 27

Serikat Pekerja Laporkan PT Assab Steels Indonesia ke Sudin Nakertrans Jakarta Timur

Bagikan
Aksi demo PUK SPAMK PT Assab Steels Indonesia. (foto:koranperjuangan)

Sumatrapos.com, Jakarta – Serikat Pekerja PUK SPAMK FSPMI PT Assab Steels Indonesia melaporkan dugaan pelanggaran perjanjian bersama antara PT Assab Steels Indonesia (PT ASI)  dengan serikat pekerja ke kantor Sudin Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans)  Jakarta Timur,  Kamis (1/8/2019). Serikat pekerja meminta supaya Sudin Nakertrans atau pemerintah melakukan pengawasan terhadap PT ASI
karena telah merugikan hak-hak pekerja akibat pelanggaran perjanjian bersama.

Ketua Serikat Pekerja PT ASI, Sukriyadi, mengatakan, dugaan pelanggaran yang dilakukan PT ASI yaitu pelanggaran kesepakatan perjanjian bersama pada point 2 dimana adanya pemotongan iuran jaminan hari tua secara sepihak terhadap pekerja yang upahnya dibawah Rp 7,5 juta.  Kemudian perusahaan secara sepihak mengubah formula kenaikan upah, adanya tenaga kerja oursourching yang tidak memenuhi syarat,  kenaikan upah yang tidak sesuai dengan kesepakatan dan penutupan divisi machining.

Oleh sebab maka serikat pekerja PT ASI menuntut perusahaan diantaranya merevisi kembali kenaikan upah 2019, hapus oursourching yang tidak memenuhi syarat,  hentikan PHK sepihak dan adanya penambahan karyawan dibagian produksi.

“Kami minta Sudin Nakertrans atau pemerintah turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan terhadap PT ASI yang telah melanggar perjanjian bersama sehingga pekerja dirugikan.” kata Sukriyadi saat dihubungi sumatrapos.com.

Sukriyadi menceritakan karena adanya pelanggaran perjanjian bersama tersebut serikat pekerja PT ASI telah melakukan aksi mogok selama empat hari. Namun hingga hari ini tidak ada etikad baik dari PT ASI terhadap pekerja bahkan pekerja dilarang masuk kawasan pabrik.

“Saya berharap pemerintah menjembatani persoalan ini.” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: