GMTU Minta Lemhannas Beri Sangsi Untuk Junias Marvel Lumban Tobing

Video Oknum yang Mengaku Anggota Lemhanas Jadi Viral (Sumatra Pos)
Video Oknum yang Mengaku Anggota Lemhannas Jadi Viral (Sumatra Pos)

SUMATRAPOS.COM – Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI melayangkan surat jawaban terkait laporan pengaduan Ketua Generasi Muda Tapanuli Utara (GMTU), Jhon Hary Aruan, mengenai dugaan politik praktis yang dilakukan Brigjen (Purn) Junias Marvel Maramis Lumban Tobing yang mengaku sebagai anggota Lemhannas.

Diketahui, GMTU melaporkan Junias ke Lemhannas pasca Pilbup Tapanuli Utara beberapa waktu lalu, karena ikut berorasi di depan pendukung salah satu calon bupati. Orasi itu terekam melalui sebuah video yang diunggah akun facebook Tim Simanjuntak yang dibagikan ke group Menuju Tapanuli Utara 1. Dalam video itu Junias mengaku sebagai anggota kajian strategi Lemhannas RI.

Dalam surat jawaban Lemhannas tersebut ditulis, Brigjen (Purn) Junias Marvel Maramis Lumban Tobing bukan personel Lemhannas RI dan sudah pensiun pada tahun 2012. Sehingga Junias merupakan masyarakat biasa.

“Adapun aktivitas politik praktis yang bersangkutan lakukan merupakan hak dan tanggung jawab pribadi sebagai warga masyarakat,” tulis Kepala Biro Humas Lemhannas, Brigjen TNI Mindarto, dalam surat jawabannya.

Junias adalah anggota Ikatan Alumni Lemhanas RI (IKAL) Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XVI Lemhanas RI tahun 2009. Namun alumni program pendidikan bukan merupakan personel Lemhanas RI dan tidak berhak mengatasnamakan Lemhanas RI.

Selain itu, dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Gubernur Lemhanas RI tidak pernah mengeluarkan kebijakan sebagaimana yang telah disebutkan oleh Junias karena bukan kewenangan Lemhannas RI.

Menanggapi hal itu, Ketua GMTU Jhon Hary Aruan mengatakan Lemhannas harus memberikan sangsi kepada Junias karena telah melakukan kebohongan publik.

“Kita harapkan ada sangsi dari Lemhannas dan jangan sampai kejadian seperti ini terulang kembali karena bisa menjadi citra buruk bagi Lemhannas,” pungkas Jhon. (Hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: