Jokowi Watch Bakal Laporkan Group Facebook Penyebar Ujaran Kebencian

Ilustrasi
Ilustrasi

 

SUMATRAPOS–Direktur Eksekutif Jokowi Watch Tigor Doris menilai pertarungan Kepala Daerah Tapanuli Utara adalah pertarung pilkada yang paling panas di Indonesia, karena banyak ujaran kebencian (hate speech) dan fitnah yang disebarkan di media sosial demi menjatuhkan lawan politik.

Tigor mengatakan, berdasarkan temuannya ujaran kebencian disebarkan secara masif oleh group facebook ‘MenujuTaput1’ dengan menggunakan akun-akun anonim. Akun-akun anonim ini menyebarkan konten-konten ujar kebencian dan fitnah ke group.

“Ini melanggar pasal 28 ayat (2) UU Nomor 19 tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Kita akan segera laporkan group ini ke Kementerian Kominfo agar diblokir,” kata Tigor saat dihubungi sumatrapos.com, Selasa (19/6).

Tigor menjelaskan, dukungan para simpatisan cabup dan cawabup ini sudah berlebihan dengan menuduh tanpa bukti dan data. Ia khawatir jika ini terus dibiarkan akan merusak kerukunan umat beragama di Taput.

“Saya akan minta Kominfo dan Polri untuk menertibkan group dan akun-akun anonim ini,” tegas Tigor.

Tigor berharap, masing-masing pendukung calon dapat memberikan dukungan secara positif.

“Masyarakat kita ini bukan masyarakat tukang fitnah, jika memang ada salah satu calon melakukan pelanggaran pilkada silakan lapor ke Bawaslu dan KPU. Sudah ada prosedur yang mengatur itu.” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: