Selasa, Desember 10

Jokowi Watch Minta Pemda DKI Siapkan Tempat Relokasi Korban Gusuran Sunter

Bagikan
Pengamat Politik Jokowi Watch Tigor Doris Sitorus. (hk/spo)

Sumatrapos.com, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta melakukan penggusuran di Jalan Sunter Agung Perkasa VIII, Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Objek yang digusur adalah bangunan dan tempat usaha warga.

Pemprov beralasan penggusuran bangunan liar di Jalan Sunter Agung Perkasa, Tanjung Priok, dilakukan demi menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas banjir. Selama ini, kawasan tersebut tergenang banjir karena saluran air diduduki oleh bangunan.

Misalnya saluran tidak terkoneksi karena tertutup bangunan. Selama ini kawasan Sunter seperti di Gaya Motor, Agung Karya, dan Sunter Utara kerap tergenang.

Namun warga menyayangkan tindakan penggusuran dan mengungkit janji Anies untuk tidak menggusur saat Pilgub 2017.

Polemik ini pun mendapat berbagai tanggapan pro dan kontra, salah satunya Direktur Eksekutif Jokowi Watch Tigor Doris Sitorus yang mengatakan, tindakan penggusuran yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta tentu sudah melalui kajian-kajian, Pemprov tidak akan mungkin sembarang mengusir jika tidak ada persoalan di lahan tersebut.

“Tentu sudah ada kajian-kajian, tidak mungkin asal gusur. Artinya ada hal prioritas untuk kepentingan publik secara keseluruhan. Jakarta kan Kota Metropolitan.” kata Tigor, Kamis (22/11/2019)

Namun Tigor minta kepada Pemprov DKI supaya warga yang terkena gusur disiapkan tempat relokasi seperti rusun dan tidak terlalu jauh dari tempat tinggal mereka.

“Siapkan tempat relokasi, kalau belum ada ya dibangun dulu. Mereka juga perlu mencari sumber penghasilan. Yang berdagang siapkan saja lokbin.”tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: