Selasa, Oktober 15

Jokowi Watch Minta Polri Usut Aktor Intelektual Kasus Kabar Bohong Ratna Sarumpaet

Bagikan
Direktur Eksekutif Jokowi Watch, Tigor Doris. (Foto: sumatrapos.com)
Direktur Eksekutif Jokowi Watch, Tigor Doris. (Foto: sumatrapos.com)

Sumatrapos.com, Jakarta – Direktur Eksekutif Jokowi Watch Tigor Doris Sitorus memberi komentar terkait pasca putusan hakim yang memvonis Terdakwa Ratna Sarumpaet 2 tahun kurungan penjara karena kasus berita bohong. Vonis hakim lebih ringan dibandingkan tuntutan Jaksa 6 tahun penjara.

Tigor mengatakan persoalan dalam kasus Ratna Sarumpaet ialah pelanggaran Pasal 28 ayat 2 Juncto Pasal 45 A ayat 2 Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016, tentang perubahan atas undang-undang nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan hukuman pidana penjara paling lama 6 tahun dan/atau denda paling banyak 1 miliar rupiah. Namun Ratna dikenakan pasal berbeda sehingga dihukum lebih ringan.

“Sesungguhnya ada aktor dibalik layar dalam kasus berita bohong Ratna Sarumpaet.” kata Tigor di Jakarta,  Jumat (12/7).

Tigor menduga aktor tersebut ialah Politisi Partai Gerindra Fadlizon karena berperan menyebarkan kabar bohong tersebut ke masyarakat dan tokoh politik seperti yang  disampaikan Ratna dalam persidangan.

“Saya menduga Fadlizon yang melanggar UU ITE karena dia ikut menyebarkan kabar bohong Ratna.” ungkapnya.

Oleh karena itu Jokowi Watch meminta pada pihak Polri untuk mengusut tuntas kasus ini karena Ratna hanya korban dari dari konsipirasi pihak lain.

“Saya harap Polri dapat mengusut tuntas,  jangan hanya Ratna yang kena proses hukum.” tandasnya.

Namun Wakil Ketua DPR yang juga Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Fadli Zon membantah dirinya menjadi penyebar pertama hoaks kasus Ratna Sarumpaet.

“Saya kira engga ada ya dari keterangan saya yang lalu, juga engga ada sama sekali. Waktu itu sudah dijelasian, ya kita lihat saja prosesnya, engga ada sama sekali menjabarkan hoaks apapun,” ujar Fadli Zon di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/3/2019) dikutip dari tribunnews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: