Pak Tejo: Edy Rahmayadi Tegas Tapi Tidak Kasar

Edy Rahmayadi (Sumatra Pos)
Edy Rahmayadi (Sumatra Pos)
SUMATRAPOS.COM — Video wawancara Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi dengan Wartawan Kompas Aiman Wijaksono mendadak viral di media sosial. Dalam video itu Edy menolak menjawab pertanyaan Aiman ketika ditanyakan seputar tanggungjawabnya sebagai gubernur yang juga ketua umum PSSI.
Aiman mengkonfirmasi Edy karena peristiwa tewasnya suporter Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, Minggu (23/9) kemarin lusa.
“Apa urusan anda menanyakan itu?” jawab Edy kepada Aiman.
Mantan Pangkostrad itu terlihat kesal karena Aiman terus mengkonfirmasi atas peristiwa tragis tersebut.
Namun pandangan berbeda disampaikan ketua umum Pasukan Tetap Jokowi (Pak Tejo) Tigor Doris Sitorus. Menurut Tigor, kekesalan Edy kepada Aiman bukan karena pertanyaan yang diajukan melainkan karena Aiman kurang menghormati kearifan lokal masyarakat Sumatra Utara dimana orang muda harus menghormati orang yang lebih tua.
“Orang muda Sumatra Utara menghormati orang yang lebih tua karena itu kearifan lokal kami, dan kami tidak biasa memanggil orang yang lebih tua dengan sebutan anda dan anda. Kami biasa memanggil pak atau abang. Edy orang yang tegas karena berlatar belakang militer namun dia bukan orang yang kasar,” kata Tigor di Jakarta, Minggu (26/9).
Tigor menuturkan meskipun tidak yang salah terhadap pertanyaan tersebut namun Aiman perlu menjaga etika dan tidak menyudutkan narasumber. Terlebih lagi Edy Rahmayadi orang militer yang mungkin jarang dipanggil anda bahkan oleh Presiden sekalipun.
“Kami dari Pak Tejo menyesalkan viralnya video itu karena pemahaman masyarakat jadi keliru, seharusnya kita lebih bijaksana dalam hal ini.” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: