Pembangunan Gedung Training Center UNJ Diduga Bermasalah

SUMATRAPOS.COM—Koordinator Bidang Konstruksi Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Acmad Abdullah,  mengungkapkan ada masalah di pembangunan gedung training center Universitas Negeri Jakarta (UNJ) anggaran Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi senilai Rp 68 milliar tahun 2017.

Achmad mengatakan proyek tersebut seharusnya selesai sesuai kontrak pada akhir Desember 2017 dan dapat diperpanjang selama 50 hari atau bulan Febuari 2018.  Namun hingga  bulan Febuari 2018 proyek tersebut belum juga selesai.

Kemudian muncul acuan berdasarkan Permen PU yang menyatakan proyek tersebut dapat dilanjutkan hingga 90 hari atau berakhir pada bulan Maret 2018, namun lagi-lagi pelaksana proyek PT Karya Bisa yang ditunjuk belum juga mampu melaksanakan pekerjaan tersebut. Menurut Achmad seharusnya pelaksana proyek sudah di blacklist karena tidak mampu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Anehnya lagi pada tanggal 14 September 2018  Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi  yang memberi kesempatan pada pelaksana dengan mengundang pelaksana untuk hadir dalam rapat evaluasi akhir pelaksanaan pemeliharaan pekerjaaanpembangunan gedung training center UNJ.

“Pembangunan gedung training center UNJ terlampat hingga 9 bulan, KAKI menduga ada kongkalikong antara pengguna anggaran, PPK dan pelaksana,” kata Achmad dalam keterangan elektroniknya, Senin (17/0).

Achmad menegaskan bahwa proses pekerjaan pembangunan gedung tersebut telah menyalahi Perpres No 16 Tahun 2016 tentang pengadaan barang dan jasa karena telah melampaui batas waktu pekerjaan. Bahkan diduga ada unsur kerugian negara dalam proses proyek tersebut.

“Karena itu KAKI meminta kepada KPK untuk menyelidiki atau memeriksa segala proses dan pekerjaan pembangunan gedung training center UNJ,” tegasnya.

Sementara itu pihak UNJ Ramlan Lubantoruan saat dihubungi tidak menjawab, bahkan pesan elektronik yang dikirimkan belum dibalas. (hk/spo).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: