Selasa, Oktober 15

Pendidikan Anak Usia Dini Tingkatkan Kualitas SDM dan Karakter

Bagikan
Bakal calon Bupati Toba Samosir Ir.Poltak Sitorus M.Sc (hk/spo)

Sumatrapos.com, Tobasa – Salah satu tujuan negara dalam UUD 1945 ialah mencerdaskan kehidupan bangsa supaya anak-anak Indonesia memiliki  pengetahuan dan keterampilan guna bersaing dengan negara lain. Mencerdaskan kehidupan bangsa menjadi tugas bersama setiap orang maupun organisasi yang peduli terhadap pendidikan.

Seperti dilakukan bakal calon Bupati Toba Samosir Ir.Poltak Sitorus M.Sc, yang membangun Taman Kanak (TK) ditiap satu Rw dan Gereja. Ia mengatakan TK sangat efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan karakter anak sejak usia dini. Program ini sudah dibuat sejak awal tahun 2015 lalu sebagai bentuk kepeduliaanya pada anak-anak di Tobasa.

Poltak menyakini bahwa program TK ditiap Rw dan Gereja mampu mengembangkan minat dan bakat anak sehingga warga Tobasa memahami talenta yang dimiliki anak mereka.

“Pendidikan anak usia dini sangat penting meningkatkan kualitas SDM dan karakter anak sehingga kita tahu potensi anak sedini mungkin.” kata Poltak.

Lanjut Poltak,  TK juga berfungsi mengembangkan kreatifitas anak karena metode bermain dan belajar terbukti effektif mampu meningkatkan kecerdasan anak. Selain itu, anak juga harus mendapatkan gizi yang seimbang supaya usia emas (golden age) pada anak dapat maksimal.

Melalui TK anak juga diajarkan bagaimana mengkonsumsi makan sehat seperti empat sehat lima sempurna sehingga pola hidup sehat telah tertanam sejak usia dini.

“Dasar dari kecerdasan dan kesehatan itu terbentuk sejak usia dini yaitu TK.  Oleh karena itu peran TK sangat penting diterapkan di Tobasa.” ujarnya.

Terkait dengan pendidikan karakter Poltak menjelaskan, TK juga sebagai sarana pendidikan moral dan etika pada anak karena disanalah anak diajarkan kebaikan dan kejujuran melalui pendidikan agama.

“Anak diajarkan cara berdoa, sikap kebaikan dan kejujuran sehingga nantinya memiliki karakter pemimpin yang bersih.”tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: