Kamis, Februari 27

Relawan Jokowi Pertanyakan Kebijakan Kapolri Idham Aziz

Bagikan
Pasukan Tetap Jokowi (Pak Tejo)
Pasukan Tetap Jokowi (Pak Tejo)

Sumatrapos.com, Jakarta – Ketua Umum Relawan Pasukan Tetap Jokowi (Pak Tejo), Tigor Doris Sitorus, berkomentar terkait kebijakan Kapolri Idham Aziz yang melantik Kapolda Metro Jaya  Inspektur Jenderal Gatot Eddy Pramono sebagai Wakil Kepala Polri (Wakapolri). Jenderal Gatot merupakan teman satu angkatan Idham Aziz  Akademi Polisi (Akpol) tahun 1988.

Sedangkan jabatan Kapolda Metro Jaya Idham  menunjuk Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Inspektur Jenderal Nana Sudjana yang juga lulusan Akpol 1988.

Tigor mempertanyakan apakah dengan diangkatnya dua Jenderal ini bisa membuat kinerja Kepolisian lebih baik. Kemudian apakah dengan dilantiknya teman satu angkatan tersebut menutup peluang bagi angkatan lainnya menduduki jabatan strategis.

Menurut Tigor banyak pangkat Jenderal dari angkatan tahun-tahun sebelumnya yang masih bisa diberdayakan, tidak harus angkatan kelulusan yang sama dengan Kapolri.

“Saya melihat seperti ada faksi-faksi di tubuh Polri, fenomena jabatan strategis seperti Kapolda dan jabatan Wakapolri diberikan pada angkatan kelulusan yang sama dengan Kapolri. Apakah ini kebetulan atau bukan, saya mohon ada penjelasan dari Kapolri ?.” kata Tigor di Jakarta, Minggu (21/12/2019).

Tigor menuturkan sampai saat ini publik belum mengetahui bagaimana mekanisme rekrutmen jabatan Kapolda dan Wakapolri dilakukan. Apakah jabatan strategis tersebut merupakan hak preogratif Kapolri atau diputuskan bersama Wanjakti melalui fit and proper test.

“Kita belum tahu apakah mereka yang menduduki jabatan Kapolda itu orang yang tepat atau bukan, seperti apa kompetensinya, Integeritasnya dan pengalamannya. Menurut saya publik perlu mendapat penjelasan.” ujar Tigor.

Tigor kembali mengingatkan, Kapolri Idham Aziz pernah mengatakan akan membenahi Polri mulai dari diri sendiri, namun jadi pertanyaan mengapa beberapa jabatan strategis di Polri diisi oleh teman satu angkatnya.

“Dimasa kepemimpinan Kapolri  Idham Aziz ini kita harapkan ada perubahan yang lebih baik lagi.” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: