Rudi Ekmal Perjuangkan Program BPJS Kesehatan Bagi Masyarakat Riau

Rudi Ekmal Bersama Masyarakat Kecamatan Bukit Raya,Pekanbaru Riau (Sumatra Pos)
Rudi Ekmal Bersama Masyarakat Kecamatan Bukit Raya,Pekanbaru Riau (Sumatra Pos)
SUMATRAPOS.COM — Minimnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat Provinsi Riau untuk Ikut dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan membuat calon legislatif dari PDIP, Rudi Ekmal, merasa terpanggil untuk melakukan advokasi dan edukasi kepada masyarakat. Sebab program layanan jaminan kesehatan itu wajib diikuti sesuai amanat UU No 24 Tahun 2011 tentang BPJS.
Rudi mengatakan masyarakat wajib menjadi peserta BPJS Kesehatan baik yang mampu maupun yang tidak mampu. Bagi masyarakat mampu program BPJS Kesehatan cukup mudah karena tersedia tiga jenis klaim dari Rp 25 ribu untuk kelas III, Rp 40 ribu untuk kelas II dan Rp 60 untuk kelas III.
Sedangkan bagi masyarakat yang tidak mampu, klaim BPJS kesehatan dibayarkan langsung pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
“Masyarakat harus memiliki kesadaran akan pentingnya layanan jaminan kesehatan bagi dirinya, sebab tidak selamanya kita sehat suatu waktu bisa saja kita sakit. Oleh karena BPJS kesehatan sangat penting, saya akan memperjuangkan dengan cara melakukan advokasi dan edukasi kepada masyarakat supaya mereka memiliki kartu BPJS Kesehatan dan Tenaga Kerja,” kata Rudi dalam pesan elektroniknya, Kamis (16/8/2018).
Rudi Ekmal Bersama Masyarakat Marpoyan Damai, Pekanbaru Riau (Sumatra Pos)
Rudi Ekmal Bersama Masyarakat Marpoyan Damai, Pekanbaru Riau (Sumatra Pos)
Caleg DPRD tingkat II Dapil IV Kota Pekan Baru ini mengungkapkan, supaya rumah sakit pemerintah dan swasta tidak mempersulit peserta BPJS kesehatan. Karena berdasarkan fakta di lapangan masih ada rumah sakit yang menolak peserta BPJS Kesehatan di Riau.
“Rumah sakit pemerintah dan swasta tidak boleh menolak peserta BPJS kesehatan karena kesehatan masyarakat dijamin oleh negara sesuai amanat konstitusi, jika menolak maka ada akan sangsi dari pemerintah,” tegas Rudi.
Oleh karena itu, sebagai calon anggota legislatif dari PDIP nomor urut 2 Rudi akan turun langsung ke lapangan untuk mendengarkan aspirasi masyarakat terkait dengan layanan kesehatan di Riau.
“Kita ajak masyarakat untuk membuat kartu BPJS kesehatan, jika ada kendala sampaikan pada saya nanti akan kita bantu proses pembuatannya,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: