Duka Danau Toba: Tim Basarnas Belum Temukan Fisik Kapal Sinar Bangun

Tim SAR saat mencari korban dan fisik KM Sinar Bangun. (Foto: okezone)
Tim SAR saat mencari korban dan fisik KM Sinar Bangun. (Foto: okezone)
SUMATRAPOS. COM–Memasuki hari ketiga pasca tenggelamnya Kapal Motor (KM) Sinar Bangun di perairan Danau Toba, Tim gabungan dari Basarnas, TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, baru berhasil menemukan tiga jenazah dari ratusan penumpang yang belum ditemukan. Dimana sebelumnnya, tim Basarnas berhasil mengevakuasi dua jenazah. Satu jenazah telah berhasil diidentifikasi atas nama Tri Wulandari (24) warga Aceh Tamiang. Sedangkan dua jenazah lainnya belum diketahui secara rinci.
Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah II Sumatera Utara Sri Hardianto yang dihubungi di sela-sela pencarian penumpang di Danau Toba, mengatakan, selain belum menemukan jenazah lain, pihaknya hingga saat ini, belum berhasil menemukan fisik kapal kayu yang tenggelam.
” Berdasarkan laporan masyarakat dan pihak keluarga yang mengadu ke Posko, tim gabungan mencatat adanya warga yang kehilangan 128 anggota keluarganya. “Jumlah itu sesuai laporan di posko terpadu di Pelabuhan Tigaras,” ujar Sri Hardianto.
Korban selamat atas nama M Fikri (21), Rahman Saputra (22) dan Sri Santika (26), warga Batubara, Heri Nainggolan (23), Jamuda Sinaga (17), Hermanto Turnip (27), Roni (17), Josua Sinaga (17) dan Juwita (32) Simalungun, Suhendra (22) dan Hafni (29) Pematangsiantar. Korban lainnya, Hernando Lingga (24), Sanri Sianturi (23) dan Dedi Setiawan (22) Deli Serdang, Tiambanus Situmorang (16) Aek Kanopan, Riko Sijabat (26), Toni (29) Kota Pinang, dan Rudi Wibiwo (22) Binjai.
Dari keterangan penumpang yang berhasil diselamatkan itu, diketahui KM Sinar Bangun yang dinaiki telah berlayar sekitar 30 menit dari Pelabuhan Simanindo di Kabupaten Samosir menuju Pelabuhan Tigaras di Kabupaten Simalungun.
Sementara itu, Kepala Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan Medan, Budiawan yang berperan sebagai SAR Mision koordinator dalam pencarian korban KM Sinar Bangun, Rabu (20/6/2018) mengatakan, pencarian hari ketiga dipermukaan akan di maksimalkan sampai pukul 12.00 WIB.
“Penyelaman akan dimulai pukul 13.00-15.00 WIB oleh Tim Basarnas Spesial Group, TNI AL dan Taifib hingga kedalaman 30 meter,” kata Budiawan di Pelabuhan Tigaras. (NAL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: