Suplai Sabu 134 Kg, Dua Terdakwa Lolos Dari Hukuman Mati

Ilustrasi (SumatraPos/Donald)
Ilustrasi (SumatraPos/Donald)

 

SUMATRAPOS. COM – Dua terdakwa kasus kepemilikan narkotika jenis sabu seberat 134,3 kilogram, Abdul Kawi alias Ade selaku penyuplai dan Syarifudin alias Din selaku penerima, tersenyum sumringah. Pasalnya, kedua terdakwa lolos dari hukuman mati.
Majelis Hakim yang diketuai, Morgan Simanjuntak menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup terhadap keduanya.

Putusan itu dibacakan oleh majelis hakim di Ruang Cakra IV Pengadilan Negeri (PN) Medan, Jumat (8/6) sore.

“Menjatuhkan hukuman pidana penjara kepada kedua terdakwa selama seumur hidup,” tandas hakim Morgan. Majelis hakim berpendapat, kedua terdakwa melanggar Pasal 114 ayat (2) jo Pasal 132 ayat (1) Undang-Undang RI No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

“Hal yang memberatkan, perbuatan kedua terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan narkotika dan merusak generasi muda,” ujar hakim.

Menanggapi putusan tersebut, kedua terdakwa yang didampingi penasehat hukumnya menyatakan pikir-pikir. Senada dengan JPU Mattias yang menyatakan pikir-pikir.

“Putusan ini akan kita laporkan dulu kepada pimpinan,” ujar JPU dari Kejari Medan itu. Putusan tersebut lebih rendah dari tuntutan JPU yang menuntut dengan pidana mati.

Dalam kasus ini, sebenarnya ada satu terdakwa lain yakni Andi Syahputra alias Aan (berkas terpisah) yang turut membantu Abdul Kawi untuk menyuplai sabu tersebut. Namun, masih belum diketahui berapa putusan yang diterima oleh Andi.

Pasalnya, khusus untuk persidangan terdakwa Andi, JPU-nya yakni Dewi Tarihoran dan Sarjani.

Menurut JPU, sebelum barang haram tersebut  disita Tim NIC Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri pada Agustus 2017 terlebih dahulu mendapat informasi tentang rencana peredaran ratusan kilogram sabu tersebut. Selanjutnya petugas melakukan penyelidikan

Pada 31 Agustus 2017 sekitar pukul 03.00 WIB, polisi melakukan penangkapan terhadap Syarifudin di dalam kamar nomor 8, Hotel The Green Alam Indah, Jalan Jamin Ginting Beringin, Medan Selayang

Petugas pun mengintrogasi Syarifuddin dan kemudian melakukan pengembangan ke showroom mobil UD Keluarga milik Abdul Kawi di Jalan Platina VII B No 17 Titipapan, Medan.

Tiba dilokasi, polisi melakukan penggeledahan dan menemukan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 134,3 kilogram dari dalam mobil Nissan X-trail BK 1988 JF, Honda HRV BK 1245 BD dan Honda CRV BK 1717 EB. (NAL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: