Minggu, Juli 21

Waketum Gerindra Menduga Sofyan Basir Terlibat Suap Proyek PLTU Riau 1

Wakil Ketua Umum Gerindra, Arief Poyuono. (foto: dakta.com)
Wakil Ketua Umum Gerindra, Arief Poyuono. (foto: dakta.com)
SUMATRAPOS.COM — Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Poyuono meminta kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk segera menetapkan Sofyan Basyir sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1. Sebelumnya KPK telah melakukan OTT yang melibatkan Eni Saragih politisi Golkar dan Pengusaha Johannes Kotjo dalam dugaan suap proyek tersebut, kasus ini masih didalami oleh penyidik KPK.
Arief mengatakan sesuai alur proyek PLTU Riau yang di danai oleh APBN untuk PLN anggaran ditetapkan di DPR, dan pengaturan siapa yang akan jadi proyek pemenang PLTU Riau 1 biasanya sudah ditentukan oleh PLN sebagai pengguna anggaran.
“Untuk proyek PLTU Riau 1ada kongkalikong antara Eni Saragih yang anggota DPR dengan perusahaan pemenang proyek tender PLTU RIAU -1 dalam Hal ini perusahaan Johannes Kotjo,” kata Arief dalam keterangan elektroniknya, Jumat (24/8/2018).
Arief menuturkan untuk memutuskan pemenang tender proyek PLTU Riau 1 juga tidak lepas dari deal-deal fee yang dibagikan pada oknum pejabat pejabat di PLN, Dirut PLN dan yang terkait dengan proyek tersebut.
“Dengan sudah di geledah nya rumah dan ruang Kantor Sofyan Basyir oleh KPK serta diperiksa beberapa kali maka sudah sepantasnya KPK Juga menetapkan Sofyan Basyir sebagai tersangka,” jelas Arief.
“Wong Idrus Marham saja yang rumah dinasnya jadi tempat transaksi dan pengerebekan OTT oleh KPK sudah jadi tersangka KPK Masa Sofyan Basyir masih dibiarkan saja.” Tambah Arief.
Politisi Gerindra ini menjelaskan muncul nama Sofyan Basyir bukan sembarangan hingga berujung pengeledahan rumah dan ruang kantor Sofyan Basyir oleh KPK. Nama Sofian Basyir pasti muncul dari pengakuan Eni Saragih Dan Johannes Kotjo yang sudah lebih awal jadi tersangka. Dan KPK harus terus mendalami Juga keterlibatan Kemungkinan Direksi PLN Lainnya ikut terlibat
“Nah Ayo KPK takut ya tetapkan Sofyan Basyir jadi tersangka, Idrus Marham Tersangka ,Sofyan Basyir harus tersangka juga dong ,aneh kalau tidak Ada pejabat PLN yang tidak dijadikan tersangka oleh KPK.” Pungkas Arief. (HK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: