Warga Desa Sumbul Deli Serdang Mendambakan Program SHM Gratis 

Politisi PDI-P Tigor Doris (Foto: sumatrapos.com)

SUMATRAPOS.COM – Sebanyak 250 Kepala Keluarga (KK) Desa Sumbul STM Hilir, Deli Serdang, Sumatra Utara, mendambakan bisa ikut   program nasional sertifikat kepemilikan tanah (SHM) secara gratis yang digagas Presiden Joko Widodo.  Pasalnya, program itu  dibutuhkan warga mengingat mereka telah menetap dan mengarap lahan selama hampir 50 tahun.

Salah satu warga Desa Sumbul Luter Tarigan mengatakan, berdasarkan surat keterangan nomor:593/31/SKT/KD/SB/2010 yang diterbitkan Camat Senembah Tanjung Muda Hilir Deli Serdang menyatakan bahwa benar tanah dan bangunan adalah  milik warga dan tidak dalam posisi sengketa.

“ Sudah lebih dari 50 tahun kami tinggal di tanah ini namun belum memiliki sertifikat tanah. Kami berharap ada perhatian dari pemerintah,” kata Luter, Selasa (22/5).

Menanggapi hal itu, Politisi PDI-P  Dapil 1 Sumatra Utara Tigor Doris Sitorus  mengatakan program SHM gratis itu sangat dibutuhkan warga agar tidak muncul masalah sengeketa lahan dikemudian hari, sebab  warga berdampingan dengan tanah milik BUMN. Selain itu, dengan adanya status tanah yang jelas bisa  mencegah para spekulan yang ingin menguasai tanah.

“Mereka telah menetap selama 50 tahun di tanah itu, jadi wajar jika mereka  menginginkan SHM gratis program nasional pemerintah,” ujar Tigor.

Tigor berharap agar  pemerintah daerah dan pusat bisa memprioritaskan warga Desa Sumbul dalam memperoleh SHM gratis.

“Kita  akan perjuangkan, kita  minta Pemda Sumut segera mendata warga untuk diajukan ke Badan Pertanahan Nasional  (BPN), ”  Tegas Tigor. (HK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: